Jumat, 11 Februari 2011

10 Fenomena Geologi yang luar biasa

1. Pamukkale (Turkey)
Pamukkale merupakan sumber air panas dari endapan kalsium karbonat sehingga menghasilkan struktur yang unik.
2. Ice Towers of Mount Erebus (Antarctica)
Mount Erebus merupakan salah satu gunung berapi aktif terbesar di planet ini. Ketinggiannya hampir 4 km di atas permukaan laut dan terkenal sebagai danau lava teraktif yang berlokasi di kawah puncak.  
Gas panas dari Erebus sebagai bahan bakar untuk danau lava. Gas panas disalurkan melalui rongga bebatuan vulkanik yang mengelilingi puncak Erebus, sehingga menciptakan sebuah sistem rumit.

3. Fly Geyser (Nevada, US)
Terlihat seolah-olah seperti dari planet lain, atau setidaknya pada film fiksi. Namun foto-foto ini dari Fly Geyser  di Nevada, AS. Sumber mata air panas ini ditemukan di Hualapai Valley dekat Gerlach.
Pada tahun 1916 pemilik tempat itu sedang mencari air untuk tanah pertanian di daerah gurun. Bornya tembus pada air panas bumi dan hasilnya adalah geiser.



4.Kasha Katuwe Tent Rocks (New Mexico, US)
New Mexico's Kasha-Katuwe Tent Rocks Monumen Nasional. Erosi seperti pahatan pada batuan. Formasi batuan yang unik terbentuk oleh letusan gunung berapi yang diperkirakan ledakannya antara enam dan tujuh juta tahun yang lalu.

5. The Valley of the Moon (Argentina)

Ischigualasto, yang berarti "tempat Anda meletakkan bulan" adalah sebuah lembah terpencil di Argentina. Lembah ini dikelilingi bebatuan seperti dipahat dengan formasi geologi menakjubkan yang disebabkan oleh erosi angin. Batu-batu yang begitu bulat mereka terlihat seperti kelereng besar.  
Dulu, tanah Lembah ini sangat subur sekali, tapi kini kering kerontang. lembah ini banyak ditemukan fosil-fosil hewan sehingga para ahli paleontologi datang dari seluruh dunia untuk mempelajarinya.

6. Danxia Landform (China)

Fenomena geologi yang unik! dikenal sebagai 'Danxia Landform', terdapat dibeberapa tempat di Cina, seperti di Zhangye, Provinsi Gansu. Danxia, yang berarti "awan merah", adalah bentuk lahan khusus yang terbentuk dari batu pasir kemerahan yang telah mengikis dari waktu ke waktu sehingga menjadi serangkaian gunung dikelilingi oleh tebing dan banyak formasi batuan yang tidak biasa

7. Enchanted Well - Chapada Diamantina National Park (Brazil)

Poco Encantado, atau Enchanted Yah, terletak di Chapada Diamantina Taman Nasional di negara bagian Bahia, sekitar 400 kilometer ke pedalaman dari Salvador, ibukota Bahia. Cekung raksasa (kolam) dengan air sangat bening, sehingga batu-batu dan batang pohon kuno dapat terlihat di bagian bawah ketika cahaya matahari menembus melalui celah batu, dan menciptakan sebuah refleksi warna biru di atas air.

8. The Stone Forest (China)


The Shilin (hutan batu, Cina) adalah contoh mengesankan topografi karst. Batuan yang terbuat dari batu kapur dan terbentuk oleh resapan air permukaan tanah yang kemudian mengikis. The Shilin dikenal pada jaman Dinasti Ming sebagai "Keajaiban Pertama di Dunia".

9. Wulingyan, Hunan (China)

Keajaiban geologi terdiri dari lebih dari 3000 karsts batu kapur.




10. Salar de Uyuni (Bolivia)
Salar merupakan padang pasir garam besar dan merupakan salah satu ikon di Bolivia. gurun tersebut hampir datar sehingga ketika pada siang hari menciptakan efek cermin dengan langit.
40.000 tahun lalu, daerah ini merupakan adalah bagian dari Danau Minchin, sebuah danau raksasa di jaman prasejarah. Ketika danau kering, dan menjadi dua danau (Danau Poopó dan danau Uru Uru), dan dua gurun garam ( Salar de Coipasa dan Uyuni). Uyunu merupakan padang garam terbesar yang diperkirakan mengandung 10 miliar ton garam dan kurang dari 25.000 ton per tahun diekstraksi

source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar