Selasa, 15 Februari 2011

Beberapa fakta tentang hari valentine

Dirayakan pada tanggal 14 Februari sebagai Hari Kasih Sayang di seluruh dunia, terlepas dari, kasta, agama, bangsa, atau keyakinan. 

Sejarahnya masing simpang siur, ada beberapa versi tentang perayaan hari kasih sayang ini. 
Versi pertama berawal dari festival Lupercalia yaitu sebuah festival Romawi kuno yang merupakan cikal bakal hari valentine. 
Versi kedua, yaitu cerita dua orang kudus bernama Valentine dari gereja Kristen. Diam-diam mereka melakukan pernikahan yang pada waktu itu merupakan hal yang terlarang berdasarkan aturan Kaisar Romawi, Claudius.
Versi ketiga berawal dari sebuah kisah seorang pecinta anak yang kemudian ditahan ketika ia tidak menghormati dewa-dewanya. Kemudian anak-anak yang disayanginya sangat merindukan kehadirannya, yang kemudian anak-anak tersebut menuliskan pesan kasih sayang melalui sel jeruji besi. Hal tersebut merupakan awal dari saling bertukar pesan. (klo sekarang sms-an kali ya gan?).

Versi lainnya yaitu menghubungkannya dengan keyakinan Bangsa Inggris yang memlilih pasangannya pada tanggal 14 Februari.

Mungkin, Hari Valentine merupakan gabungan dari beberapa versi diatas.
Beberapa fakta tentang perayaan hari valentine :

  1. Perayaan hari Valentine modern diyakini dimulai di Perancis dan Inggris.
  2. Cupid (Dewa asmara), merpati, burung, mawar, hati dan anak panah semua simbol dari perayaan Hari Valentine.
  3. Paus Gelasius menyatakan 14 Februari merupakan Hari Santo Valentine sekitar 498 setelah masehi
  4. Di Inggris, Hari Valentine mulai dirayakan sekitar abad ketujuhbelas dan pada pertengahan abad kedelapan belas, mulai tukar menukar kado atau tulisan tangan sebagai tanda kasih sayang. (ga ada coklatnya gan...)
  5. Pada zaman Abad Pertengahan, gadis makan makanan aneh di Hari Santo Valentine agar bermimpi bertemu pasangan mereka dimasa yang akan datang. (aneh neh gan..)
  6. Ada kepercayaan pada Abad Pertengahan bagi orang yang belum menikah (gadis dan perjaka), bila bertemu pada pagi hari Santo Valentine dengan lawan jenis, maka dia akan menjadi pasangannya. (harus nongkrongi idd rumah si cantik sampe hari valentine neh gan..)
  7. Hadiah Valentine pertama dikirim oleh Duke of Orleans kepada istrinya, setelah ia ditangkap pada tahun 1415. (tentu saja bukan coklat hadiahnya)
  8. 73% laki-laki membeli bunga di hari Valentine, sedangkan perempuan hanya 23% membeli bunga. (4% sisanya membeli coklat sama permen karena bokek hehehe... )
  9. Sekitar 3% dari pemilik hewan peliharaan lebih memilih untuk memberikan hadiah Valentine untuk hewan peliharaan mereka, karena mereka lebih bersyukur daripada manusia.
  10. Pada zaman Oden (ga tau zaman apa neh gan), beberapa orang percaya bahwa jika seorang wanita melihat robin terbang pada hari Valentine, ini berarti ia akan menikah dengan seorang pelaut. Jika ia melihat seekor burung pipit, dia akan menikah dengan pria yang miskin dan sangat bahagia. Jika dia melihat uang emas, dia akan menikah dengan seorang jutawan.
  11. Hati adalah simbol yang paling umum dari cinta romantis. Budaya kuno percaya bahwa jiwa manusia hidup dalam hati.
  12. Mawar Merah adalah bunga favorit Venus, dewi cinta Romawi. Mawar merah adalah bunga cinta.
  13. Kado sekotak coklat di Hari Valentine  diperkenalkan pertama kali oleh Richard Cadbury pada tahun 1868. (bukan iklan neh gan...)  
  14. Di Wales, kado yang berbentuk sendok cinta kayu yang diukir,  hati, kunci dan lubang kunci yang mekudian diberikan sebagai hadiah pada Hari Valentine, mempunyai arti , "You unlock my heart!!" 
source

klo kita menyayangi, jangan liat tanggal, padahal masih ada 364 hari yang tidak akan terlewati....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar